Pulau Burano di Venezia yang Spektakuler

Burano adalah sebuah pulau di Utara kota laut Venice, atau 11 Km dari timur laut pulau Murano. Nama "Burano" muncul dari kata "Porta Boreana", yang artinya : pintu utara kota. Waktu tempuh dari Venice ke pulau Burano memakan waktu 45 menit dengan perahu. Pulau ini mudah dicapai dari Treporti (10 menit) dan Punta Sabbioni (30 menit). Burano dihuni oleh sekitar 3000 Penduduk. Ciri khas dari Burano adalah rumah penduduk di-cat dengan warna yang berbeda satu sama lainnya.


Menurut legenda kuno rumah nelayan mencat rumah mereka dengan warna yang berbeda agar mereka bisa melihat dari jarak jauh ketika mereka pergi menangkap ikan dilokasi yang jauh.

Rumah khas Burano berbentuk square dan biasanya mempunyai dua atau tiga lantai. Pada lantai basement ada dapur, dan ruang sarapan dan toilet. Sedangkan di lantai atas ada kamar-kamar tidur.



Awalnya, Burano didiami sekitar 8000 (dan sekarang 3000) dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Akan tetapi berkat kerajinan pekerja renda, pulau tumbuh secara ekonomi, dan mereka bisa mengekspor tali yang berkualitas bagus ke seluruh dunia.

Indonesia mungkin dapat mengambil inspirasi dari pulau Burano ini dengan menata ulang rumah kumuh disepanjang sungai agar terlihat seperti rumah klasik Burano.